KBLI 20231 adalah Industri Sabun Dan Bahan Pembersih Keperluan Rumah Tangga

KBLI 20231 Industri Sabun Dan Bahan Pembersih Keperluan Rumah Tangga

KBLI 20231 – Kelompok ini mencakup usaha pembuatan sabun (selain sabun yang tercakup dalam kelompok 20232) dalam berbagai bentuk, baik padat, bubuk, cream atau cair, industri pembuatan deterjen dan bahan pembersih rumah tangga lainnya, seperti pembersih lantai organik; kertas, gumpalan kapas, laken dan sebagainya yang dilapisi dengan sabun atau deterjen seperti tisue basah; gliserol mentah; pembersih permukaan, seperti bubuk pencuci baik padat maupun cair dan deterjen, preparat pencuci piring dan pelembut bahan pakaian; produk pembersih dan pengkilap, seperti pengharum dan deodorant ruangan, lilin buatan dan lilin olahan (wax), pengilap dan krim untuk barang dari kulit, pengilap dan krim untuk kayu, pengilap kaca dan logam, pasta dan bubuk gosok, termasuk kertas, gumpalan dan lain-lain yang dilapisi dengan pasta dan bubuk penggosok.

Industri Sabun Dan Bahan Pembersih Keperluan Rumah Tangga

Risiko usaha KBLI 20231

Risiko usaha untuk KBLI 20231 adalah rendah, sehingga tidak ada persyaratan kegiatan usaha dan bisa langsung dijalankan dengan penerbitan NIB saja. Namun pada KBLI 20231 ini terdapat beberapa kewajiban, antara lain:

  • Penanggung Jawab Teknis memiliki sertifikat pelatihan CPAKB.
  • Memiliki sarana dan prasarana yang memadai dibuktikan dengan melampirkan denah, foto sarana, dan bukti kepemilikan tempat atau surat sewa paling singkat 2 (dua) tahun.
  • Pernyataan memenuhi CDAKB dengan lampiran laporan kesiapan sarana.
  • Laporan e-report setiap 6 bulan.
  • Sertifikat Standar CPAKB.
  • Laporan KTD.
  • Laporan recall.

Menyampaikan permohonan perubahan:

  • PJT
  • Alamat
  • Jenis produk
  • Denah bangunan

Skala usaha KBLI 20231

Skala usaha terendah untuk KBLI ini adalah mikro, yang artinya siapapun bisa menjalankan usaha ini dengan modal sekurang-kurangnya dari Rp0 hingga Rp 1 Milyar Rupiah

Cara memulai usaha KBLI 20231

Memulai usaha industri sabun dan bahan pembersih untuk keperluan rumah tangga adalah langkah yang menjanjikan dalam dunia bisnis. Dalam artikel ini, kita akan membahas tiga poin utama yang perlu Sahabat pertimbangkan ketika memulai usaha ini.

20231

Perencanaan Bisnis yang Matang

Sebelum memulai usaha industri sabun dan bahan pembersih, Sahabat perlu memiliki perencanaan bisnis yang matang. Ini adalah langkah kunci yang akan membantu Sahabat menghindari banyak masalah di masa depan. Beberapa langkah yang perlu Sahabat lakukan dalam perencanaan bisnis ini meliputi:

  • Studi Pasar: Lakukan riset pasar untuk memahami kebutuhan dan preferensi konsumen. Apakah ada permintaan yang kuat untuk jenis sabun atau bahan pembersih tertentu di wilayah Sahabat? Siapa pesaing Sahabat? Bagaimana Sahabat dapat bersaing dengan mereka?
  • Perencanaan Keuangan: Buat proyeksi keuangan yang realistis. Berapa banyak modal yang Sahabat butuhkan untuk memulai usaha ini? Bagaimana Sahabat akan mendapatkan dana tersebut? Berapa lama Sahabat perkirakan akan mencapai titik impas (break-even point)?
  • Legalitas: Pastikan Sahabat memahami semua izin dan regulasi yang berlaku untuk usaha ini di wilayah Sahabat. Dibutuhkan izin khusus untuk memproduksi dan menjual produk-produk kimia seperti sabun dan bahan pembersih.
  • Pemasaran: Rencanakan strategi pemasaran yang efektif. Bagaimana Sahabat akan memasarkan produk Sahabat kepada konsumen potensial? Pertimbangkan pilihan seperti penjualan online, toko fisik, atau bahkan kolaborasi dengan toko-toko lokal.

Pengembangan Produk yang Berkualitas

Kualitas produk Sahabat akan menjadi kunci keberhasilan bisnis ini. Pilih bahan-bahan yang berkualitas tinggi dan aman untuk digunakan dalam sabun dan bahan pembersih Sahabat. Selain itu, pastikan Sahabat memiliki formulasi yang tepat untuk berbagai jenis produk yang Sahabat ingin tawarkan, seperti sabun cuci tangan, deterjen, atau pembersih lantai.

Sertifikasi produk Sahabat, seperti sertifikasi halal atau sertifikasi ekologis, dapat menjadi keunggulan tambahan yang akan meningkatkan daya tarik produk Sahabat di pasar.

Fokus pada Keberlanjutan dan Inovasi

Industri sabun dan bahan pembersih semakin mendukung konsep keberlanjutan. Konsumen semakin peduli terhadap dampak lingkungan dari produk yang mereka gunakan. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk mengembangkan produk yang ramah lingkungan, seperti sabun tangan yang dapat diisi ulang atau produk dengan kemasan minimal.

Selain itu, teruslah berinovasi. Pelanggan senang dengan produk yang efektif dan inovatif. Cobalah untuk mengembangkan produk baru yang dapat memenuhi kebutuhan atau masalah baru yang muncul di pasar.

KBLI 20231

Kesimpulan KBLI 20231

Dalam mengawali usaha industri sabun dan bahan pembersih untuk keperluan rumah tangga, perencanaan yang baik, kualitas produk, dan fokus pada keberlanjutan serta inovasi adalah kunci keberhasilan. Dengan tekad dan kerja keras, Sahabat dapat membangun usaha yang sukses dan berkelanjutan di industri ini.

Bagi Sahabat yang menjalankan usaha ini, bisa konsultasi dengan kami di Sahabatlegal.com ya! Bagi yang belum punya CV, kami juga melayani jasa pendirian cv perusahaan dan juga jasa pendaftaran merek untuk produk yang Sahabat buat. Yuk hubungi kami hari ini untuk info lebih lanjut!

Klik Pada Gambar Untuk Detail Lebih Lanjut

Baca Artikel Kami Lainnya

pembuatan-pt-online

Pembuatan PT Online Terbaru Tahun 2024

Image: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/64/Kawasan_PT_Pupuk_Kujang_Cikampek.jpg Sekarang, mendirikan PT menjadi lebih mudah berkat layanan online. Meskipun prosesnya dilakukan bertahap,

Read More »