Syarat Pendirian PT di Sahabatlegal

jasa pembuatan pt murah

Syarat Pendirian PT

Halo Sahabat! Sedang mencari artikel terkait syarat pendirian PT yang terbaru di tahun 2023 ini? Sudah coba cari tentang persyaratan pendirian PT namun ternyata tidak up to date?

Tidak perlu cari kemana-mana lagi, di Sahabatlegal.com akan memberikan syarat yang terbaru menyesuaikan aturan terbaru juga. Kami akan terus melakukan pengkinian dalam membahas syarat mendirikan PT ini.

Salah satu contohnya saja, di tempat lain masih menyebutkan salah satu syarat harus menyetor minimal 50 juta, padahal persyaratan tersebut sudah tidak digunakan lagi sejak terbitnya aturan Peraturan Pemerintah tahun 2016!

Bayangkan sekarang sudah tahun 2023, namun masih belum sadar akan adanya aturan PP tahun 2016 tersebut. Sudah 7 tahun aturan minimal modal tersebut ditiadakan.

Aturan PP 2016 tersebut saat ini sudah dicabut dan diganti dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 8 Tahun 2021 tentang Modal Dasar Perseroan dan seterusnya.

Ini baru salah satu contoh saja betapa tidak updatenya artikel-artikel syarat mendirikan PT diluar sana. Nah, untuk sekarang kita akan coba bahas satu per satu terkait syarat pendirian PT ya! Let’s go!

Oh ya, di sahabatlegal kami juga menyediakan layanan pendirian PT dengan biaya murah mulai dari 2,9 jt disertai proses pengerjaan yang cukup cepat rata-rata 5 sampai 7 hari kerja. Kami sudah berpengalaman dalam membantu pendirian PT kepada klien kami dari beraneka ragam kota. Dengan ini, kami juga memberikan konsultasi free bisa secara WhatsApp, ataupun offline di tempat kami.

Selain itu kami juga bisa membantu mendirikan jenis PT terbaru yang baru diumumkan oleh Kementerian Hukum dan HAM yaitu PT Perorangan. Biaya pendirian PT Perorangan di kami juga termasuk murah yaitu Rp1.000.000,- saja! Persyaratannya juga cukup mudah yaitu dengan KTP dan NPWP saja sudah bisa. Namun untuk lebih jelasnya, silahkan baca terus ya artikel ini.

Langkah-langkah pendirian PT yang akan kita bahas kali ini adalah pendirian PT biasa yang telah kami ringkas menjadi 7 langkah yang mudah untuk dijalankan. Ayuk kita perhatikan langkah berikut ini:

  1. Lengkapi Persyaratan Dan Isi Form Pembuatan PT

Apa isi dari dokumen persyaratan pengurusan PT ini? Formnya berisikan data dasar yang diperlukan untuk pembuatan PT kayak nama PT, bidang usaha yang mau dikerjakan, nomor telepon PT, email PT, hingga identitas calon pengurus berikut pemegang saham PT. Untuk diperlihatkan formulirnya kayak apa dapat hubungi via whatsapp ke kami disini.

Apa isi dari dokumen persyaratan pengurusan PT ini? Formnya berisikan data dasar yang diperlukan untuk pembuatan PT seperti nama PT, bidang usaha yang mau dikerjakan, nomor telepon PT, email PT, hingga identitas calon pengurus berikut pemegang saham PT. Untuk diperlihatkan formulirnya kayak apa dapat hubungi via whatsapp ke kami disini.

  • Nama PT

Nama PT juga ada ketentuannya. Khusus untuk PT lokal atau biasa sering disebut sebagai PT dengan penanaman modal dalam negeri (PMDN) diwajibkan untuk berbahasa indonesia serta minimal 3 kata.

Sebagai contoh: Adi ingin mendirikan PT bersama Bento, keduanya adalah warga negara Indonesia, sehingga PT yang akan mereka dirikan adalah PT PMDN. Mereka berdiskusi tentang nama PT, sehingga didapatkanlah 3 alternatif nama PT, antara lain: 1. PT ADI BENTO BERJAYA, 2. PT ADI BENTO SUCCESS dan 3. PT ADI BENTO.

Nah, dari ketiga nama tersebut, ternyata yang lolos oleh konsultan pendirian PT sahabatlegal hanya yang pertama. Sehingga akhirnya diputuskan nama pertama lah yang digunakan. Lantas kenapa yang kedua dan ketiga tidak lolos?

Karena untuk yang kedua terdapat kata SUCCESS yang adalah bahasa inggris, dan yang ketiga hanya terdapat 2 kata, sehingga yang pertama lah yang aman untuk digunakan untuk nama PT.

Nah, aturan ini terdapat dimana? Aturan tersebut dapat di lihat di PP 43 tahun 2011 ya! Untuk link downloadnya bisa cek disini

https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/5176/pp-no-43-tahun-2011

  • Nomor Telepon PT

Untuk nomor telepon PT seringkali kami ditanyakan, apakah bisa dengan nomor telepon seluler? Atau wajib menggunakan nomor telepon rumah atau office? Jawabannya boleh dengan telepon seluler ya. Jadi tidak mesti menggunakan telepon rumah ataupun kantor. Tetapi jika ada telepon kantor, tentu akan lebih baik menggunakan nomor telepon kantor tersebut.

  1. Kirimkan Kembali Formulir Yang Sudah Diisi

Sekiranya sudah melengkapi form, sudah bisa kirimkan kembali ke kami setelah itu kami akan membantu koreksi apakah ada komponen yang belum lengkap. Bila telah lengkap segalanya, selanjutnya akan kami siapkan draft pendirian yang dapat dicek oleh customer. Selain form, diperlukan juga KTP dan NPWP semua pendiri serta pengurus yang wajib dilampirkan guna untuk disiapkan draft dokumen pendirian PT untuk dicek kepada pelanggan.

  1. Draft Dokumen Dibaca Sama Customer

Setelah kami siap selesaikan draft dokumen pendirian, maka draft dokumen tersebut akan kami tunjukkan untuk klien untuk diperiksa, sekiranya ada yang perlu diperbaiki ataupun ada yang salah baik dari segi penulisan ataupun ada data yang perlu diganti, dapat infokan ke kami supaya kami bantu untuk direvisi. Pada tahap ini baiknya customer bertanya tentang segala sesuatu yang mau ditanyakan atau diinfokan semua yang belum dimengerti agar pengerjaan pendirian PT sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh klien.

  1. Draft Pendirian Yang Telah Disetujui, Maka Bisa Dilakukan Pembayaran

Apabila draft akta sudah disetujui, untuk langkah selanjutnya yaitu melakukan pembayaran tanda jadi senilai 50% dari keseluruhan biaya pembuatannya. Mengapa perlu DP? Sebab untuk dalam pengerjaan pendirian telah memerlukan biaya seperti pendaftaran nama PT, penyiapan dokumen dll. Pembayaran dikirim via rekening kantor kami, bukan rekening pribadi sehingga sudah pasti aman.

  1. Surat Yang Memerlukan Ditandatangan Akan Kami Persiapkan

Sesudah tanda jadi, selanjutnya akan kami kirimkan dokumen yang perlu pelanggan lakukan tanda tangan. Dokumen yang kami siapkan mencakup dokumen yang dibutuhkan untuk pembuatan PT contohnya surat pernyataan alamat lengkap, surat pernyataan setoran modal dan surat yang lain. Selain itu juga kami akan mengirimkan tutorial untuk tandatangan surat-surat tersebut.

  1. Surat Diposkan Ke Kantor Kami

Setelah dilakukan pengerjaan tandatangan, maka dokumen tersebut perlu dikirimkan kembali ke alamat kami di Jakarta. Bisa dikirim juga via kurir maupun diantarkan langsung jikalau klien sedang berada di Jakarta. Dokumen yang sudah kami terima akan kami proseskan dengan memakan waktu kurang lebih 5 sampai 7 hari kerja. Diluar dari hari sabtu, hari minggu dan libur nasional.

  1. Dokumen Pendirian Telah Selesai

Sesudah seluruh dokumen sudah selesai kami proses. Maka dokumen telah siap untuk dikirim kembali ke alamat pelanggan atau bisa juga diambil secara segera ke office kami. Pelunasan biaya pendirian sudah bisa dilaksanakan pada langkah ini.

Berikut 7 langkah simpel dari Syarat Pendirian PT di sahabatlegal.com. Cukup gampang bukan?

Untuk melihat biaya komplit dalam pendirian PT dapat klik link berikut ini ya di sahabatlegal.com/pendirian-pt

Klik Pada Gambar Untuk Detail Lebih Lanjut

Baca Artikel Kami Lainnya

pembuatan-pt-online

Pembuatan PT Online Terbaru Tahun 2024

Image: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/64/Kawasan_PT_Pupuk_Kujang_Cikampek.jpg Sekarang, mendirikan PT menjadi lebih mudah berkat layanan online. Meskipun prosesnya dilakukan bertahap,

Read More »