YBDI adalah istilah apa?

YBDI adalah singkatan dari “Yang Berhubungan Dengan Itu”. Istilah ini mengacu pada sesuatu yang memiliki hubungan atau kaitan dengan sesuatu yang lain. Istilah YBDI sering digunakan dalam berbagai konteks, seperti dalam KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia), putusan Mahkamah Agung, dan dokumen-dokumen resmi pemerintah. Meskipun istilah ini tidak ditemukan di Kamus Besar Bahasa Indonesia, YBDI merupakan istilah yang cukup umum digunakan di Indonesia.

YBDI adalah

Dalam konteks bisnis, YBDI (Yang Berhubungan Dengan Itu) dapat digunakan untuk menggambarkan hal-hal berikut:

1. YBDI dalam Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI)

Dalam KBLI, YBDI digunakan untuk mengelompokkan jenis usaha atau bidang usaha yang terkait dengan suatu aktivitas atau sektor tertentu. Misalnya, dalam KBLI 46610, yang berhubungan dengan perdagangan besar bahan bakar padat, cair, dan gas.

Bagi yang belum tahu apa itu KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia), KBLI itu sendiri adalah suatu sistem klasifikasi yang digunakan untuk mengelompokkan jenis usaha atau bidang usaha yang ada di Indonesia. KBLI digunakan oleh pemerintah Indonesia sebagai acuan dalam proses perizinan usaha dan pengumpulan data statistik.

YBDI (Yang Berhubungan Dengan Itu) juga merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan hubungan atau kaitan suatu hal dengan hal lainnya dalam konteks bisnis. Dalam konteks KBLI, YBDI dapat digunakan untuk mengelompokkan jenis usaha atau bidang usaha yang terkait dengan suatu aktivitas atau sektor tertentu.

Sebagai contoh, dalam KBLI 63112 – Aktivitas Hosting dan YBDI. YBDI digunakan untuk mengelompokkan jenis usaha yang terkait dengan hosting. Contoh KBLI lainnya yang memiliki kata YBDI, antara lain:

96910 – Aktivitas Pemakaman Dan Kegiatan YBDI
79990 – Jasa Reservasi Lainnya YBDI YTDL
50213 – Angkutan Sungai dan Danau untuk Wisata dan YBDI
46610 – Perdagangan Besar Bahan Bakar Padat, Cair Dan Gas Dan Produk YBDI

2. YBDI dalam Izin Usaha

Dalam proses perizinan usaha, YBDI dapat digunakan untuk mengidentifikasi jenis usaha yang terkait dengan izin yang diperlukan. Misalnya, dalam izin usaha untuk kegiatan jual beli bahan bakar minyak (BBM), KBLI 46610 yang berhubungan dengan perdagangan besar bahan bakar padat, cair, dan gas dapat digunakan sebagai acuan.

3. YBDI dalam industri Kerajinan

Dalam konteks pembuatan kerajinan, YBDI dapat merujuk pada jenis kerajinan yang terkait dengan tekstil, kulit, dan bahan lainnya.

Dalam berbagai dokumen resmi dan publikasi terkait bisnis, istilah YBDI digunakan untuk memberikan penjelasan tentang hubungan atau kaitan suatu hal dengan hal lainnya dalam konteks bisnis.

Namun, perlu diingat bahwa YBDI sendiri bukanlah jenis bisnis, melainkan istilah yang digunakan untuk menggambarkan hubungan atau kaitan suatu hal dengan hal lainnya dalam konteks bisnis.

Selain YBDI, yang sering ditanyakan juga adalah terkait YTDL, apa itu YTDL? Nanti akan kami ulas dalam artikel berikutnya. Bagi Sahabat yang memiliki kendala dalam pemilihan KBLI, bisa banget hubungi Sahabatlegal dalam mengetahui dan menentukan KBLI bidang usaha Sahabat.

Di Sahabatlegal, kami melayani jasa pendirian PT, CV, Yayasan, Koperasi, Perkumpulan dan lain sebagainya. Kami sudah berpengalaman dalam membantu para pelaku usaha dalam menentukan KBLI yang tepat untuk usaha mereka. Bagi Sahabat yang masih bingung, yuk hubungi kami hari ini untuk konsultasikan terkait usaha yang akan Sahabat jalankan ke depan.

Bisa hubungi kami di 082180878858 atau di 081296944720.

Klik Pada Gambar Untuk Detail Lebih Lanjut

Baca Artikel Kami Lainnya

pembuatan-pt-online

Pembuatan PT Online Terbaru Tahun 2024

Image: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/64/Kawasan_PT_Pupuk_Kujang_Cikampek.jpg Sekarang, mendirikan PT menjadi lebih mudah berkat layanan online. Meskipun prosesnya dilakukan bertahap,

Read More »